Sabtu, 13 Oktober 2012

Nilai Kehidupan Yang Terdapat di Anime


Halo para pengunjung sekalian, perkenalkan ane Goober, Staff Baru bagian Artikel, kali ini ane pengen sekedar share nilai-nilai kehidupan yang ada di Anime tuh apa aja sih?, apa cuma sekedar tontonan bocah? (kata orang-orang yang gak ngerti Anime), ternyata di Anime terdapat pesan-pesan yang bagus banget dan menginspirasi ane, Diantaranya :



1. Indahnya Perbedaan


Mungkin ente semua sadar kalo yang bikin sebuah Anime itu bisa dibilang seru, keren, menyedihkan, lucu, dsb itu disebabkan oleh beragamnya warna-warna rambut, penampilan yang unik, watak yang berbeda, dan lain-lain. Tapi sebenarnya, bukan itu yang mau kita bahas. Setiap manusia memiliki kisah hidup yang berbeda, begitu pula karakter Anime. Dalam kehidupan kita bertemu banyak orang yang sikapnya angkuh, sombong, dermawan, humoris, dll. Begitu pula di Anime. Dengan adanya perbedaan itu para mangaka (Pengarang Manga) ingin menyampaikan satu hal:
“Jika hidup ini tidak ada yang berbeda, maka segalanya akan tampak mebosankan".
Cerita hidup yang berbeda, akan indah sekali jika disampaikan dan dikemas dengan sesuatu yang fresh.

2. Mengajarkan Arti Persahabatan Sejati
Kita tidak bisa hidup sendiri, kita memerlukan seseorang yang bisa dipercaya. Seseorang yang akan berbagi kebahagiaan, meghilangkan rasa kesedihan, rasa kesal, rasa kecewa, maupun mendukung ketika kita lemah, menceritakan hal-hal jenaka yang membuat kita tertawa, seakan kita melupakan masalah yang menjadi beban hidup kita, seolah olah seperti kita berbagi sekeping roti untuk bersama-sama di nikmati walah hanya sekeping roti, mendengarkan masalah kita, dan kita bisa belajar apa itu arti Persahabatan Sejati di beberapa Anime, contoh di Anime Ano Hana (Dan masih banyak lagi).

3. Mengajarkan Mencapai Cita-cita dan impian
Banyak orang yang takut bermimpi dengan alasan umur, kondisi ekonomi,dsb. Terkadang bermimpi itu adalah sebuah pencapaian dalam menggapai Cita-cita, coba kalian bayangkan apakan Impian itu akan tercapai bila kita tidak Berangan-angan atau bermimpi? tidak mungkin kan semuai itu terjadi. Mimpi aja takut gimana mau mencapai impiannya? Di Anime juga hampir semua tokoh yang punya cita-cita di ketawain lah di ledek tapi di endingnya tercapai kan? kenapa? karena ada kemauan bro !!! Contoh seperti gambar One Piece yang selalu berusaha menggapai Cita-cita dan impian.

4. Tolong Menolong
Dalam kehidupan sehari-hari kita harus banyak berbuat kebaikan seperti tolong menolong yang terutama dengan menolong orang kita bisa membantu orang tersebut di Anime kita juga di ajarkan tolong menolong contohnya dalam anime "SKET Dance" anggota SKET-dan yang bertugas sebagai pembantu sekolah (maksutnya membantu teman-teman sekolah) mereka menjalankannya dengan baik dan iklas walaupun permintaan teman-teman di sekolah aneh-aneh -_-".


5. Menjadi Inspirasi
Banyak orang yang dapet inspirasi dari hasil nonton Anime gan, contoh ente bisa desain baju, aksesoris, dll, trus ente cetak dan dijual, lalu laku kan lumayan buat jadi Wirausahawan/wati dan kalo udah besar usahanya ente bisa buat lapangan kerja deh XD.

6. Berlatih Keras
Untuk mencapai cita-cita perlu kemauan dan latihan keras meski berkali-kali gagal, terjatuh, tenggelam dalam lautan luka dalam ente harus bisa bangkit lagi demi cita-cita dan mimpi yang ente kejar, pada Anime juga kita di ajarkan untuk berlatih keras untuk mendapatkan apa yang kita inginkan. Contoh Rock Lee, dia udah divonis gak bakal bisa jadi ninja lagi setelah lawan Gaara, tapi karena Kemauan dan latihan yang keras dia bisa pulih dan jadi Ninja hebat. Dan Naruto yang kita kenal sebagai tokoh utama dalam Film Naruto, sang bocak kecil yang semasa mudanya di hina dan di jauhi oleh orang-orang disekitarnya, tp sosok naruto tidak mudah putus asa. da ter berjaung dan berusaha keras agar dapat menggapai impiannya sebagi HOKAGE. Sifat dari kedua karakter tersebut patut di tiru !.


7. Mengajarkan kekuatan sebuah impian, harapan, keinginan
Kebanyakkan orang takut bermimpi. Contohnya, setiap dia punya impian(ingin punya apa, pergi ke mana, denga siapa) dia perlahan menguburnya dalam-dalam. Menyalahkan keadaan, umur, ini-itulah. Gimana mau menggapai mimpi yang digantung di langit kalau naik pesawat aja takut [artinya: klo membayangkan impian aja takut (artinya yakin bahwa tidak akan tercapai), gimana mau mencapai impian?]Hal yang paling ane suka ketika menonton anime adalah (selain Opening dan Endingnya), saat seorang karakter di anime mengucapkan impiannya, dia akan menyatakannya dengan bangga. Meskipun kadang ada orang yang medukungnya atau menertawakannya. “Aku ingin punya semangat kuat seperti di anime”.

8. Mengajarkan Arti Kehidupan Yang Sesungguhnya
Babak-babak yang paling ane tunggu saat nonton anime adalah ketika kata-kata mutiara melesat keluar dari kedua bibirnya [Rocket Kali .. ]. Anime tidak hanya sebagai hiburan belaka, tapi juga mengajarkan arti kehidupan yang sesungguhnya, bukan kayak sinetrron derp gan XD. Contoh seperti anime Kanon yang menceritakan seorang pria yang melupakan kenangan masa lalunya, yang mengakibatkan teman semasa kecilnya merasa sedih dan kecewa karena sang pria melupakan mereka semua, mungkin bagi kalian yang belum memahami arti kehidupan mungkin kalian akan lebih mengerti bila menonton beberapa film yang ber Genre Sedih Dan romantis

Sumber : Copas dari berbagai pihak XD.

Sekian dari ane, makasih dah mau baca, dan ane lebih terimakasih lagi kalau Artikel ini dishare dengan menyertakan kredit blog ini.

TEAM ANIME HOUSE
    _    

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar